Menjadikan Kelurahan Karang Rejo sebagai Kelurahan yang Peduli Terhadap Pelayanan Publik dan Mandiri

Sukseskan Pendataan Keluarga Tahun 2015

Tuesday - 02 Juni 2015 - Dibaca: 1685 kali

Untuk mendukung kebijakan pembangunan dimasa depan, BKKBN akan lakukan pendataan keluarga pada 2015. Data yang akurat terkait jumlah penduduk  sangat dibutuhkan untuk mengawal program Indonesia Pintar dan Indonesia Sehat serta pelayanan KB berbasis JKN. mengakhiri tahun 2014, kinerja bidang kependudukan dan KB belum mencapai hasil yang memuaskan. Indikasinya antara lain pencapaian program KB nasional dalam 10 tahun terakhir ini pada posisi stagnan, total fertility rate tidak bergerak pada angka 2,6, dan penggunaan kontraspesi (CPR) cara modern hanya merangkak naik 0,5 persen selama 5 tahun terakhir. Kondisi tersebut  disebabkan banyak factor yakni beberapa daerah yang belum menempatkan program kependudukan dan KB sebagai program prioritas, sehingga belum mendapatkan dukungan memadai baik dari aspek kelembagaan, SDM maupun anggaran.

 

Tujuan umum dari PK2015 untuk memperoleh data keluarga by name by address untuk dipergunakan dalam penetapan sasaran, dan optimalisasi operasional program pembangunan Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK), serta intervensi berbagai program pembangunan lainnya. Sedangkan tujuan khusus adalah tersedianya basis data kependudukan, keluarga berencana, pembangunan keluarga, dan individu anggota keluarga di setiap tingkatan wilayah.

 

Pendataan Keluarga dimulai sejak tanggal 1 Mei 2015 dan berakhir pada tanggal 31 Mei 2015, Petugas pendata yang terdiri dari para Kader Sub PPKBD (Pembantu Petugas Keluarga Berencana Desa) yang berkunjung ke rumah warga dan melakukan pendataan dengan mengisi Formulir pendataan F/I/PK/2015 dan warga membubuhkan tandatangan di atas formulir F/I/PK/2015 sebagai bukti telah didata dan menyetujui informasi yang tertulis dalam formulir. Selanjutnya para Kader juga akan membuat Peta Keluarga per RT.

 

Walaupun waktu pelaksanaan pendataan telah selesai, namun tetap pastikan keluarga anda terdata dalam Pendataan Keluarga Tahun 2015, apabila ada yang kurang jelas atau belum didata dapat menghubungi Kader Posyandu/Kader sub PPKBD yang ada di masing-masing RT, atau langsung datang ke Posko Pendataan Keluarga Tahun 2015 Kelurahan Karang Rejo di Sekretariat PKK Kelurahan Karang Rejo dan bertemu langsung dengan Petugas KB Kelurahan Karang Rejo, Dra.Susi Hernawanti.