Menjadikan Kelurahan Karang Rejo sebagai Kelurahan yang Peduli Terhadap Pelayanan Publik dan Mandiri

Karang Rejo Rumuskan Isi Profil Baseline Data 100-0-100 P2KP

Wednesday - 02 September 2015 - Dibaca: 1432 kali

 Bertempat di Aula SDN 001 Kelurahan Karang Rejo, pada selasa (01/09/2015) diadakan Focus Group Discussion (FGD) atau Rembug warga pembahasan permasalahan permukiman di Kelurahan Karang Rejo. Acara yang terkait dengan penyusunan Profil Kelurahan tentang Baseline data 100-0-100 Program Peningkatan Kualitas Permukiman (P2KP).

 

Pemerintah Indonesia sendiri  melalui RPJMN III 2015-2019 telah menetapkan target pencapaian akses air minum 100%, mengurangi kawasan kumuh hingga 0%, dan menyediakan akses sanitasi layak 100% untuk masyarakat Indonesia pada akhir tahun 2019, target pencapaian tersebut dinamai dengan “Gerakan 100 - 0 - 100”.

 

Seluruh Ketua RT diundang untuk hadir pada acara tersebut, dengan dipandu tenaga pendamping P2KP Kota Balikpapan yaitu Baso Ali dan Giskard, para Ketua RT selalu perwakilan warga RT di tingkat Kelurahan membahas tujuh indikator kriteria yang digunakan untuk menentukan kondisi kekumuhan pada suatu perumahan dan permukiman. Ketujuh indikator tersebut adalah Bangunan Gedung, Jalan Lingkungan, Penyediaan Air Minum, Drainase Lingkungan, Pengelolaan Air Limbah, Pengelolaan Persampahan, dan Pengamanan Kebakaran.

 

Seluruh RT dibagi menjadi 7 Kelompok dan masing-masing kelompok membahas indikator-indikator tersebut di atas.  Berbagai macam persoalan yang ada tercuat pada saat hasil FGD dibacakan, selain itu disampaikan pula harapan-harapan atas perbaikan ketujuh indikator tersebut.

 

Lurah Karang Rejo, Ernu Ogan, yang juga hadir pada acara tersebut mengharapkan penyusunan Profil Baseline Data 100-0-100 di Kelurahan Karang Rejo ini dapat berjalan dengan lancar dan peran serta seluruh Ketua RT dalam mendukung tersusunnya Profil dimaksud. Ke depan Profil tersebut akan sangat berguna terutama dalam penanganan masalah-masalah pembangunan lingkungan yang ada di Kelurahan Karang Rejo.